SimpleWordPress

Bagaimana cara membuat website yang SEO friendly?

Bagaimana cara membuat website yang SEO friendly?

Setelah memahami apa itu SEO dan mempelajari berbagai jenisnya beserta teknik SEO yang harus dan tidak boleh Anda ikuti, saatnya untuk menerapkannya. Mari kita beralih ke daftar periksa membuat situs web yang SEO friendly.

1. Riset Kata Kunci

Kata kunci adalah tulang punggung SEO. Untuk melakukan SEO situs web Anda, Anda harus mulai dengan riset kata kunci. Anda harus menargetkan kata kunci yang tepat berdasarkan relevansi topik dan mengoptimalkan meta tag SEO situs web Anda beserta konten yang sesuai. Namun, ingatlah untuk menjaga kepadatan kata kunci.

Kepadatan kata kunci yang optimal harus sekitar 1 hingga 2%. Jika melebihi braket yang ditentukan, itu akan dianggap sebagai isian kata kunci, teknik SEO topi hitam. Sekarang, bagaimana Anda bisa memeriksa kepadatan kata kunci Anda? Anda dapat menggunakan alat Pemeriksa Kepadatan Kata Kunci oleh RankWatch.

Selain itu, Anda dapat menelusuri seluruh koleksi alat SEO gratis oleh RankWatch untuk menemukan alat Saran Kata Kunci, Pencari Kata Kunci Long Tail, alat Kompetisi Kata Kunci, dll.

Salah satu aspek penting dari penelitian kata kunci adalah memahami maksud pengguna dan berdasarkan itu, melakukan penelitian kata kunci dan mengoptimalkan konten Anda sesuai dengan itu.

2. Pengoptimalan Meta Tag

Setelah menyiapkan basis data kata kunci Anda, saatnya untuk memetakannya di seluruh situs web Anda, secara organik. Anda harus mengingat relevansinya saat melakukannya; penargetan dan pengoptimalan untuk kata kunci yang tidak relevan akan menghambat pengoptimalan, dan halaman Anda akan mulai memberi peringkat untuk kata kunci yang salah.

Tag Judul
Tag judul merangkum konten halaman dalam satu baris senilai 60 karakter (batas optimal). Ini adalah hal pertama yang terlihat oleh para pencari di SERPs.


Cara Membuat Tag Judul yang dioptimalkan untuk SEO


Tag Deskripsi Meta
Tag deskripsi meta digunakan untuk memberi sedikit pemahaman lebih kepada pencari tentang konten halaman peringkat. Batas karakter optimal untuk tag deskripsi meta adalah 155 hingga 160. Deskripsi meta muncul tepat di bawah tag judul di SERP.

3. Judul Tag

Sementara judul dan tag deskripsi meta memaksa pencari untuk mengklik hasil, tag heading menyediakan struktur untuk konten yang diikutinya. Penataan konten Anda meningkatkan pengalaman pengguna dan juga memungkinkan perayap untuk memahami konten dengan nyaman.

Saat menyusun konten Anda, ingatlah untuk membatasi tag heading ke H6 dan hanya menggunakan satu tag H1 (Anda dapat menggunakan lebih dari satu, tetapi menggunakan satu dianggap sebagai praktik terbaik). Anda harus mempertahankan hierarki seperti itu (H1 adalah yang paling penting, dan H6 yang paling sedikit):

<H1> Apa itu SEO? Search Engine Optimization untuk Pemula</H1>
<p>Konten yang berkaitan dengan apa itu SEO dan jenis-jenis SEO</p>

<H2>Bagaimana cara membuat website yang SEO friendly?</H2>
<p>Langkah-langkah membuat website yang SEO friendly</p>

<H3>Tag Judul</H3>
<H3>Tag Deskripsi Meta</H3>
<H3>Tag Header (H1, H2, H3…)</H3>

Apakah Judul Anda dioptimalkan untuk Mesin Pencari dan pengguna?


4. Struktur URL

URL yang tidak terstruktur dengan baik dan membingungkan dapat memaksa pengunjung untuk mencari pengganti. Anda harus membuat URL pendek namun deskriptif yang mudah dimengerti oleh manusia dan crawler. Juga, ini membantu meningkatkan SEO situs Anda jika Anda mengoptimalkannya dengan kata kunci.

Langkah cepat untuk taktik pengoptimalan URL


5. Pengoptimalan Gambar

Menambahkan gambar ke situs web Anda atau sepotong konten membuat pengguna tetap terlibat dengan memecahkan monoton informasi tekstual. Namun, gambar harus relevan dengan konten dan memiliki nilai untuk ditawarkan. Selain itu, berdasarkan bagaimana tag alt mereka dioptimalkan, gambar dapat membantu meningkatkan SEO situs Anda.

tag alternatif
Googlebot tidak dapat memahami konten gambar. Itu harus disampaikan kepada mereka; oleh karena itu, kami menggunakan tag alt. Tag Alt secara singkat menjelaskan gambar ke Googlebot dan membantu mesin pencari menentukan kontennya.

Apakah Anda Mengoptimalkan Gambar alt Anda dengan benar?


6. Faktor Teknis

Ada beberapa faktor teknis yang perlu dipertimbangkan ketika membuat situs web Anda SEO friendly. Berikut adalah hal-hal penting yang tidak boleh Anda hindari untuk dioptimalkan:

Kecepatan Pemuatan Halaman
Kecepatan memuat halaman adalah salah satu faktor peringkat Google yang paling penting. Jika halaman Anda membutuhkan terlalu banyak waktu untuk dimuat, maka rasio pentalan Anda meningkat dengan kecepatan yang luar biasa. Disarankan untuk menjaga kecepatan pemuatan halaman Anda antara 1 hingga 3 detik. 

Sumber

Anda dapat menggunakan alat PageSpeed Insights oleh Google untuk memeriksa kecepatan pemuatan halaman Anda. Selain itu, setelah analisis, alat ini memberi Anda taktik pengoptimalan.

Situs Web Ramah Seluler

Setelah Google meluncurkan pembaruan Pengindeksan Mobile-first, situs web perlu memiliki versi seluler. Ini juga dianggap sebagai faktor peringkat Google sekarang. Anda dapat menggunakan Pemeriksa Ramah Seluler oleh RankWatch untuk memeriksa apakah situs web Anda ramah seluler atau tidak.

Markup Skema

Skema markup adalah kumpulan data mikro atau kosakata semantik yang dapat Anda terapkan pada halaman web Anda untuk visibilitas online yang lebih baik. Dengan menerapkan skema, Googlebot dapat memahami konten situs web Anda dengan lebih baik dan menyajikannya dengan cara yang lebih kreatif.

Berikut adalah contoh bagaimana hasil skema yang dioptimalkan muncul di SERP dibandingkan dengan hasil lainnya.

Robots.txt

Google memberi setiap situs web anggaran perayapan tertentu, dan file robots.txt memastikan bahwa itu digunakan secara efektif sehingga setiap halaman situs Anda diindeks. Untuk SEO yang lebih baik, situs web Anda harus memiliki file robots.txt. Ini memberi tahu Googlebot apakah akan merayapi halaman atau tidak.

Peta Situs XML

Peta situs adalah file yang terdiri dari daftar lengkap tautan ke setiap halaman di situs web Anda. Ini berfungsi sebagai peta ke seluruh situs Anda yang digunakan bot mesin pencari untuk merayapi dan mengindeks setiap halaman yang terkait dengan domain Anda. Ini diterapkan di folder root situs web Anda atau di file robots.txt.

7. Membangun Tautan

Pembuatan tautan adalah teknik SEO kuno dengan hasil yang menjanjikan - diberikan jika diikuti dengan benar. Ini membantu dalam mengembangkan jangkauan, reputasi, dan otoritas domain situs web Anda. Ini mengembangkan kepercayaan, lalu lintas, dan keterlibatan juga. Juga, pembuatan tautan adalah strategi inti SEO di luar halaman.

Panduan lengkap tentang pembuatan tautan


8. Hasil Pelacakan

Setelah membuat situs web yang ramah SEO, bagaimana memastikan bahwa upaya SEO Anda bekerja dengan benar dan menghasilkan hasil yang diinginkan? Anda perlu menautkan situs web Anda ke Google Analytics dan Google Search Console.

Google Analytics akan memberi Anda informasi tentang dari mana lalu lintas Anda berasal. Di sisi lain, Google Search Console membantu Anda memeriksa status perayapan dan pengindeksan situs web Anda bersama dengan masalah yang ditemukan Googlebot saat merayapinya.