SimpleWordPress

Pentingnya Kreativitas dalam Periklanan ঔৣ

Pentingnya Kreativitas dalam Periklanan ঔৣ
: Tanyakan kepada seorang profesional dalam bisnis apa kunci sukses dalam periklanan, dan kemungkinan besar Anda akan mendapatkan jawaban tidak ada yang lebih efisien daripada periklanan kreatif. Iklan kreatif lebih mudah diingat, bertahan lebih lama, bekerja dengan pengeluaran media yang lebih sedikit, dan membangun komunitas penggemar… lebih cepat. Kreativitas adalah jiwa dari periklanan dan branding. Inilah yang menghidupkan pesan tentang produk dan layanan yang mungkin membosankan atau tidak penting di hati dan pikiran pelanggan sasaran. Pengiklan sering beralih ke biro iklan untuk merancang dan mengembangkan kampanye dan iklan, yang dapat menimbulkan ketegangan terkait pengaruh kreativitas.

Pentingnya Kreativitas dalam Periklanan ঔৣ


Tetapi apakah iklan kreatif lebih efektif dalam menginspirasi orang untuk membeli produk daripada iklan yang hanya mencantumkan atribut atau manfaat produk? Banyak eksperimen laboratorium telah menemukan bahwa pesan kreatif mendapatkan lebih banyak perhatian dan mengarah pada sikap positif tentang produk yang dipasarkan, tetapi tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bagaimana pesan tersebut memengaruhi perilaku pembelian. Demikian pula, hanya ada sedikit penelitian empiris yang mengaitkan pesan kreatif dengan pendapatan penjualan aktual. Karena manajer produk dan merek—dan agensi yang menawarkannya—tidak memiliki cara sistematis untuk menilai efektivitas iklan mereka, iklan kreatif menjadi omong kosong.

Kreativitas membuat perbedaan itu


Tidak ada resep untuk kreativitas. Tidak ada awal, tengah, atau akhir. Tidak ada tata bahasa, tidak ada bahasa. Namun efeknya antara debu dan sihir. Kreativitas menciptakan perbedaan antara dua produk di bawah kategori yang sama. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa dengan melanggar batas ruang media, perbedaan dapat dibuat. Pendukung dalam periklanan selalu mengatakan bahwa tidak ada yang menghitung jumlah iklan yang Anda jalankan; mereka hanya mengingat kesan yang Anda buat. Sebenarnya Impression adalah pembeda dalam bisnis periklanan. Hanya kreativitas yang dapat menciptakan kesan dan perbedaan. Visibilitas adalah yang kedua. Di satu sisi, kreativitas mungkin merupakan keunggulan kompetitif yang tidak adil secara hukum yang dapat diambil oleh suatu produk atau layanan untuk memenangkan persaingan.

Kreativitas adalah identitasnya


Di luar produk dan merek, kreativitas adalah roda usaha yang disebut periklanan. Bagaimana sebuah agensi dalam bisnis periklanan dapat menunjukkan keunggulannya? Meminta klien untuk anggaran iklannya dan memberinya rencana media dan merilis iklan cukup sederhana. Bagaimana biro iklan dapat menambahkan nilai kepada klien untuk ruang yang digunakan? Dengan membuat iklan menonjol melalui kreativitas. Dengan menjadi berbeda seseorang dapat menciptakan identitas yang tepat. Jika tidak, iklan akan menjadi bagian pesan run of mill. Kreativitas bukan berarti sulit dipahami bagi orang awam. Kreativitas terbaik menggunakan kata dan frasa sederhana dan tidak menyulitkan pembaca/pemirsa.

Mengapa kita sangat membutuhkan kreativitas dalam periklanan? Dan jika banyak orang yang menjual atau mempromosikan produk serupa, dan menggunakan metode promosi yang sama, bagaimana publik mengenali produk kita? Oleh karena itu, kita perlu menerapkan kreativitas dalam sebuah penciptaan iklan dengan mencari hal-hal baru dan inspirasi bagaimana menggabungkan produk dengan inspirasi yang kita miliki sehingga menjadi sebuah iklan yang menyampaikan pesan yang dinamis dan imajinatif, yang dapat menarik perhatian dan mencuri perhatian. hati penonton hingga akhirnya memilih produk kita.

Kemampuan manusia dalam menangkap hal-hal menarik dalam sekejap merupakan tantangan yang luar biasa bagi para pakar kreatif di bidang periklanan termasuk para penulis yang menggalakkan semua ide dan visual ke dalam kata-kata. Seorang penulis harus jeli agar dapat menarik perhatian dan memberikan bahkan menginspirasi audiens untuk berubah pikiran dan menciptakan perubahan pengalaman yang akan didapatkan audiens ketika membeli atau menggunakan produk.

Ada dua hal yang akan merusak kreativitas, yaitu distraksi dan ketakutan. Untuk menghindari gangguan yang muncul seperti situasi yang tidak memungkinkan untuk menulis, sebaiknya amati kondisi sekitar sebelum menulis, sesuaikan suasana hati semaksimal mungkin dengan apa yang akan ditulis dan buat diri sendiri nyaman untuk menulis. Ketakutan akan deadline memang sangat menjengkelkan tapi harus dihilangkan dulu. Jika Anda menulis karena takut, misalnya membuat kesalahan, atau tidak memenuhi tenggat waktu, cobalah untuk bersantai, mengobrol dengan beberapa teman atau menenangkan pikiran dengan mendengarkan lagu-lagu yang Anda sukai sehingga muncul ide-ide kreatif dan cemerlang dan proses penulisan iklan akan jauh lebih seru.